Kemenangan Fajar/Rian Dihapus di Olimpiade Paris 2024

Foto: Fajar Alfian, depan, dan Muhammad Rian Ardianto bertanding melawan Mark Lamsfuss dan Marvin Seidel dari Jerman selama pertandingan penyisihan grup bulu tangkis ganda putra di Olimpiade Musim Panas 2024, Sabtu, 27 Juli 2024, di Paris, Prancis. (AP/Kin Cheung)

Badminton atau bulutangkis adalah cabang olahraga andalan Indonesia yang ditargetkan dapat merebut medali emas di Olimpiade Paris 2024. Indonesia mengirim pasangan atlet Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto untuk bertanding di nomor ganda putra untuk cabang olahraga badminton 

Fajar/Rian sukses menaklukkan wakil Jerman, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel, pada laga pembuka Grup C, Olimpiade Paris 2024, Sabtu (27/7). Meski demikian, kemenangan yang sudah diraih itu dianggap tidak berlaku dan dihapus Olimpiade Prancis 2024. Apa sebabnya?

Lawan mereka, Mark Lamsfuss dan Marvin Seidel, mengundurkan diri dari Olimpiade Paris 2024 karena Lamsfuss mengalami cedera lutut. Sesuai aturan kompetisi Federasi Badminton Dunia (BWF), jika ada pemain yang mundur di fase grup, semua hasil pertandingan yang melibatkan pemain tersebut akan dihapus, demikian seperti dikutip

Dengan demikian, Lamsfuss/Seidel dianggap tidak ikut serta dalam grup C, sehingga hasil mereka di grup tersebut tidak dihitung. Kondisi ini tentunya merugikan pihak Fajar/Rian.

Pertandingan Lamsfuss/Seidel yang tersisa tidak akan dimainkan. Semula Lamsfuss/Seidel dijadwalkan melawan wakil India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty pada 29 Juli.

Sehari kemudian, Lamsfuss/Seidel juga dijadwalkan lawan Lucas Corvee/Ronan Labar dari Prancis pada 30 Juli. Namun, pertandingan ini pun otomatis dihapus.

Situasi ini membuat kemenangan yang sudah dikantongi Fajar/Rian menjadi hilang. Alhasil, Fajar/Rian kini dianggap belum bertanding.

Fajar/Rian sebelumnya sukses mengalahkan Lamsfuss/Seidel dengan skor 21-13 21-17 pada Sabtu (27/7). Sedangkan di laga lainnya, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty menaklukkan Ronan Labar/Lucas Corvee, 21-17, 21-14.

Dengan demikian, laga Fajar/Rian vs Labar/Corvee hari ini akan jadi penentu nasib kedua pasangan. Fajar/Rian akan memastikan lolos babak perempat final jika berhasil memetik kemenangan di laga tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*