Cara Membuat WhatsApp Tampak Offline Padahal Online, Gampang!

FILE PHOTO: The WhatsApp app logo is seen on a smartphone in this picture illustration taken September 15, 2017. REUTERS/Dado Ruvic

Fitur memiliki segudang fitur di dalamnya. Termasuk yang bisa dimanfaatkan untuk membuat penggunanya seperti tidak sedang aktif atau online.

WhatsApp memiliki fitur yang memperlihatkan penggunanya tengah online. Seperti Last Seen atau tanda centang dua biru.

Namun fitur-fitur tersebut bisa saja mengganggu. Karena orang lain yang mengirim pesan akan tahu kita tengah online, dan mereka ingin mendapatkan balasan secepatnya. Padahal ada suatu momen saat kita tidak bisa membalas chat dengan cepat, seperti sedang berlibur atau tengah cuti.

Untuk memperlihatkan seakan tengah offline, kita harus menonaktifkan semua fitur yang menampilkan diri sedang online. Berikut caranya membuat WhatsApp seakan offline pada online:

1. Last Seen

Fitur ini memperlihatkan kapan pengguna terakhir menggunakan WhatsApp. Termasuk saat tengah online atau aktif di dalam aplikasi.

Untuk mematikan fitur ini, Anda bisa masuk ke menu Settings WhatsApp. Berikutnya klik akun dan Privasi, klik Last Seen dan Nobody pada menu Who Can See My Personal Info.

2. Centang Dua Biru

Berikut cara mematikan fitur yang memperlihatkan pengguna telah membaca chat yang dikirimkan:

– Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas WhatsApp

– Pilih Setting

– Tekan Akun > Privasi

– Geser toggle untuk pilihan Laporan Dibaca atau Read Receipts

– Centang biru sudah non-aktif

3. Sembunyikan Status

Pengguna juga bisa membuat Status hanya untuk yang ingin dibagikan saja. Jadi tidak semua orang tahu Anda memperbarui fitur tersebut.

Caranya masuk ke opsi Pengaturan lalu ke menu Privasi > Status. Pilih opsi yang ada yakni “Kontak Saya”, “Kontak Saya Kecuali…”, dan “Hanya Bagikan Dengan…”

4. Buat Status

Anda juga bisa membuat status untuk memberitahu tidak bisa diganggu atau dihubungi dalam jangkan waktu tertentu. Pertama buka menu ikon tiga titik > Settings > nama profil WhatsApp > About.

Klik ikon pensil dan tuliskan status tersebut. Terakhir klik tombol Save.

5. Matikan Background Data

Matikan Background Data agar Anda tidak bisa menerima pesan terus menerus. Namun cara ini hanya bisa digunakan pada pengguna Android saja.

Buka Settings dan klik opsi data, pilih nonaktifkan Background Data.

kas138

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*