Pembangunan IKN Lanjut Terus, Rumah Dinas Menteri Hampir Rampung 100%

Kementerian PUPR, melalui Direktorat Jenderal Perumahan, mempercepat pembangunan 36 Rumah Tapak Jabatan Menteri di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. (Dok. Kementerian PUPR)

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) terus berlanjut usai upacara Hari Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 2024 lalu. Dukungan infrastruktur IKN tahun 2024 sebesar Rp 41,41 triliun, anggaran tersebut digunakan untuk menyelesaikan sejumlah proyek termasuk diantaranya jalan tol.

“Infrastruktur jalan dan jembatan antara lain untuk jalan Tol IKN 3A dengan progres 83%, Tol IKN Seksi 3B progres 96%, dan Tol IKN Seksi 5A 91%,” ungkap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono di Gedung DPR, Rabu (21/8/2024).’

Adapun pembangunan jalan feeder di sekitar IKN baru sekitar 84%, kemudian infrastruktur Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) mencapai 99% serta progres pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) di IKN mencapai 92%.

Sedangkan pembangunan infrastruktur di IKN yang sudah selesai diantaranya Embung MBH, Sumbu Kebangsaan IKN, dan duplikasi Jembatan Pulau Balang. Pemerintah pun menggencarkan pembangunan istana.

Kementerian PUPR, melalui Direktorat Jenderal Perumahan, mempercepat pembangunan 36 Rumah Tapak Jabatan Menteri di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. (Dok. Kementerian PUPR)

“Gedung Istana dan lapangan upacara 93% yang kemarin dipakai upacara 17-an. Kemudian Gedung Istana Garuda itu adalah kantor presiden di belakangnya, progresnya 93%,” kata Basuki.

Untuk hunian, pembangunan rumah tapak menteri sebanyak 34 rumah sudah hampir 100%. Sedangkan hunian Polri dan BIN baru mencapai 82% dan hunian Paspampres dengan progres 63%. Adapun hunian ASN 4 progresnya mencapai 80%. Sebanyak 21 tower rusun hunian ASN akan selesai dibangun dalam waktu dekat.

“Dari 47 hunian perumahan ini, rumah susun ini, pada saat ini akan selesai 12 rusun. Nanti bertahap bulan September, Oktober, November dan selesai 100% pada akhir tahun ini,” sebut Basuki.

kera4d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*