Manusia Rp 1.700 Triliun Mampir ke Indonesia, Ini Bocoran Jadwalnya

CEO NVIDIA, Jensen Huang (Dok. nvidia.com)

CEO Nvidia Jensen Huang dipastikan akan datang ke Indonesia dalam waktu dekat. Hal ini diungkap oleh President Director & CEO Lintasarta, Bayu Hanantasena.

Huang menjadi kaya raya seiring kenaikan harga saham Nvidia yang melonjak. Investor global berburu saham Nvidia karena permintaan atas chip GPU produksi perusahaan tersebut meroket untuk memenuhi kebutuhan teknologi AI.

Lonjakan permintaan atas chip buatan Nvidia, membuat harga saham perusahaan tersebut meroket dan membuat harta kekayaan Huang menggelembung menjadi US$ 107,5 miliar (Rp 1.660 triliun).

“Kalau enggak ada halang merintang sebentar lagi CEO NVIDIA datang ke Indonesia,” ujar Bayu, saat konferensi pers usai peluncuran GPU Merdeka di Jakarta, Rabu (21/8/2024).

Namun, ia tak menyebut lebih lanjut kapan Jensen akan hadir ke Indonesia. Nvidia sendiri tercatat menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan teknologi di Indonesia, salah satunya Lintasarta.

Lintasarta meluncurkan GPU Merdeka sebagai GPU-as-a-Service (GPUaaS) untuk infrastruktur kecerdasan buatan (AI). Ini merupakan Sovereign AI Cloud dari Nvidia yang dirancang sebagai supercomputing cloud canggih di Indonesia.

GPU Merdeka didukung NVIDIA menghadirkan server High Performance GPU dengan konfigurasi 8x Nvidia H100 SXM Tensor Core GPUs dalam 1 server.

Layanan yang ditawarkan Lintasarta adalah kelanjutan dari pengumuman kerja sama antara Nvidia dengan induk usaha Lintasarta yaitu Indosat Ooredoo Hutchison.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengungkap nilai investasi Nvidia akan bernilai US$ 200 juta atau sekitar Rp 3 triliun.

Di Indonesia, Nvidia bekerja sama dengan IoH dan akan membangun Indonesian AI Nation yang rencananya akan berlokasi di Solo Techno Park.

Indosat melalui Lintasarta menyatakan GPU Merdeka adalah layanan GPU-as-a-Service (GPUaaS) yang sepenuhnya dikembangkan dan dioperasikan oleh tenaga ahli dalam negeri. Dengan kepemilikan dan pengelolaan yang sepenuhnya mandiri, Lintasarta memastikan bahwa akses terhadap teknologi AI yang kritikal dapat dikelola secara lokal, tanpa bergantung pada pihak luar.

Lintasarta menyatakan GPU Merdeka menawarkan harga yang lebih bersaing dan kualitas yang terjamin sehingga bisa memberikan peluang bagi pelaku industri di Indonesia untuk segera mengadopsi teknologi terbaru guna mempercepat inovasi dan meningkatkan daya saing di pasar global.

“Langsungnya pasokan dari NVIDIA juga memungkinkan Lintasarta untuk memberikan nilai lebih bagi pelanggan, baik dalam hal efisiensi biaya maupun kinerja yang optimal. Sementara itu, penyedia jasa lain baru baru ini juga mengumumkan rencana peluncuran layanan GPU mereka tahun depan sebagai bagian dari upaya bersama dalam mendorong adopsi AI di Indonesia,” kata sumber CNBC Indonesia.

Dengan peluncuran yang lebih awal, Lintasarta menegaskan kecepatan ketersediaannya dalam menjawab kebutuhan pasar yang berkembang pesat. Langkah ini memungkinkan perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk segera memanfaatkan teknologi GPU Merdeka, membuka peluang bisnis baru, dan mengoptimalkan operasional mereka lebih cepat, memberikan mereka keunggulan komersial yang signifikan.

kera4d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*